RADAR POS, MASOHI - Mewakili Penjabat (Pj) Bupati, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si, Asisten II Setda Malteng, Ulis Borro Hadiri Sosialisasi Layanan Advokasi Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng). Yang bertempat di Baileo Ir. Soekarno, Kota Masohi pada, Rabu (03/07/2024).

Dalam sambutanya yang dibacakan Asisten II Setda Malteng, Ulis Borro katakan, berkenan dengan ini, atas Nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab), saya mengucapkan selamat datang kepada Narasumber dari Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Malteng.

"Kami sungguh Berterima kasih dan menyampaikan Apresiasi yang Setinggi-tingginya atas kesempatan yang telah diluangkan guna memberikan Pemahaman dan Advokasi mengenai Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat," katanya.

Tentunya, Sosialisasi ini merupakan Momen yang sangat Penting dalam Upaya kita untuk meningkatkan Pemahaman dan Penghormatan terhadap Kepercayaan dan Budaya Masyarakat Adat yang ada diwilayah kita. Keberagaman Budaya dan Kepercayaan adalah Kekayaan Bangsa yang harus kita jaga dan Lestarikan bersama.

Saya berharap, melalui Kegiatan ini, kita semua dapat memahami lebih dalam tentang Pentingnya Menghormati Kepercayaan dan Hak-hak Masyarakat Adat, serta bagaimana kita dapat berperan Aktif dalam Melindungi dan Melestarikan Budaya Lokal yang ada di Daerah kita.

"Apalagi sebagaimana diketahui, Kabupaten Malteng dan di Maluku pada umumnya, terdapat banyak sekali Keragaman Budaya yang masih sangat Kental dengan Nilai-nilai Adat," ucapnya.

Tentu ini menjadi sebuah Kekayaan tersendiri yang patut kita Banggakan sebagai Orang Maluku, namun disisi lain kita masih memiliki Kelemahan pada Pemahaman Normatif sesuai Ketentuan Perundang-undangan.

Olehnya itu, melalui Sosialisasi dan Layanan Advokasi ini, Mudah-mudahan bisa menjadi Langkah Strategis dan Nyata dalam memberikan Perlindungan dan Pengakuan terhadap Hak-hak Masyarakat Adat, sehingga nantinya dapat memberikan Keadilan dan Kesejahteraan bagi Masyarakat Adat, serta menciptakan Harmoni dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

"Diakhiri sambutan ini, sekali lagi saya mengucapkan Terima kasih kepada Narasumber dari Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat yang berkenan hadir dan memberikan Penguatan kepada kita. Semoga Kegiatan ini berjalan dengan Lancar dan memberikan Manfaat yang besar bagi Kemajuan Daerah," pungkasnya.

Turut hadir dalam Kegiatan ini, Narasumber dari Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malteng, para Asisten, Staf Ahli dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat, seluruh Peserta Sosialisasi, serta Insan Pers. (RPT)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top