RADAR POS, MASOHI -
Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Malteng, Jauhari Tuarita, S.Pi Menghadiri dan Membuka Rapat Evaluasi Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian Kabupaten Malteng tahun 2024 dan Bimbingan Teknik Fasilitator Keuangan Mitra Tani (FKMT). Yang diselenggarakan Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Maluku di Malteng. Kegiatan tersebut berlangsung dilantai III Bapllitbangda pada, Jumat (19/07/2024).

Turut hadir dalam Kegiatan tersebut, Pj Sekda Malteng, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Malteng, Staf Ahli Bupati, Kepala Distan Provinsi Maluku, Kepala Bulog Maluku-Malut dan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Peserta Bimtek FKMT.

Dalam sambutan, Pj Bupati yang dibacakan Jauhari Tuarita Pj Sekda Malteng katakan, Pertanian adalah salah satu Sektor Utama yang menjadi Tulang Punggung Perekonomian di Kabupaten Malteng. Oleh karena itu, Upaya untuk Memperkuat dan Mengembangkan Sektor ini harus terus kita Lakukan secara Berkesinambungan.

Olehnya itu, Tuarita menegaskan kembali Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malteng untuk terus Mendukung dan Mendorong Kemajuan Sektor Pertanian demi mewujudkan Pertanian yang Maju, Mandiri dan Sejahtera.

"Rapat Evaluasi yang dilaksanakan hari ini merupakan Momen yang sangat Penting untuk kita semua. Dalam Rapat ini, kita akan melakukan Evaluasi terhadap Pelaksanaan Program KUR Pertanian yang telah berjalan, Mengidentifikasi Kendala dan Tantangan yang dihadapi serta mencari Solusi dan Langkah-langkah Perbaikan yang perlu dilakukan kedepan," katanya.

KUR Pertanian merupakan salah satu Instrumen Penting yang dapat membantu Petani kita untuk mendapatkan Akses Pembiayaan yang lebih Mudah dan Terjangkau.
Dengan adanya KUR, diharapkan para Petani dapat meningkatkan Produktivitas, Kualitas Hasil Pertanian serta Kesejahteraan mereka secara Keseluruhan.

"Pada Kesempatan ini, Tuarita juga  menyampaikan Apresiasi yang tinggi kepada semua Pihak yang terlibat dalam Program KUR Pertanian ini, termasuk Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan Maluku, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Pihak Perbankan. Kerjasama dan Sinergi antara Pemkab, Lembaga Keuangan dan Masyarakat Tani sangatlah Penting untuk memastikan Keberhasilan Program ini," ucapnya.

Selain itu, melalui Kegiatan Bimbingan Teknik Fasilitator Keuangan Mitra Tani (FKMT), diharapkan dapat meningkatkan Kapasitas dan Kompetensi para Fasilitator Keuangan yang nantinya akan mendampingi para Petani dalam Mengakses dan Memanfaatkan KUR dengan lebih Efektif dan Efisien. Dengan Bimbingan yang tepat, para Fasilitator diharapkan dapat menjadi Mitra Strategis bagi Petani dalam Mengelola Keuangan Usaha Tani mereka.

"Pemkab juga akan terus Berkomitmen untuk melakukan Pengabdian Tanpa Batas dengan Melayani yang belum Terlayani, Menjangkau yang belum Terjangkau, Memperkuat yang sudah Bagus, Memperbaiki yang masih Kurang untuk Membangun Kabupaten Malteng sebagai Jendela Indonesia Timur demi mendukung Terwujudnya Pembangunan Maluku Emas," pungkasnya. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top