RADAR POS, MASOHI - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Mengawasi Tahapan Medical Check Up (MCU) Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati Wakil Bupati Malteng yang dimulai sejak tanggal 27 Agustus hingga 2 September 2024, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Masohi. Sabtu (01/09/2024).

"Keempat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Malteng adalah, "Andi Munaswir dan Tina Welma Tetelepta", "Mirati Dewaningsih dan Daniel W. Nirahua", "Zulkarnain Awat Amir dan Mario Lawalata",  "Ibrahim Ruhunussa dan Liliana Aitonam".

Salah satu syarat menjadi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah adalah sehat jasmani dan rohani sebagaiman diatur dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

Untuk memastikan setiap calon dalam keadaan sehat jasmani dan rohani maka dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan berpedoman pada Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 1090/2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

"Setiap Tahapan pemilihan berpotensi terjadi indikasi kerawanan, sehingga hal tersebut perlu dicegah melalui pengawasan melekat oleh jajaran Bawaslu Kabupaten Maluku Tengah" katanya.

"Kami akan terus melakukan pengawasan di setiap tahapan dalam Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Malteng, karena itu merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dalam tahapan pencalonan," Tegas Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga (HP2H) Bawaslu Maluku Tengah Roos Losiana Kaniker.

"Terkait Medical Check Up (MCU) paslon Bupati dan Wakil Bupati Malteng, Selama pemeriksaan kesehatan keempat Paslon berlangsung, tidak ada masalah yang menonjol dalam pemeriksaan."Ujarnya

Selama kami pantau Di hari pertama sampai dengan Hari ini, pemeriksaan kesehatan keempat Pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Malteng Tidak Ada Masalah yang menonjol semua tahapan berjalan dengan aman dan lancar. Hanya saja agak terlambat karena ada dokter mata dan BNN yang masih menunggu mereka dari Ambon,” Pungkas Kordiv HP2H Kaniker. (RPF).

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top