RADAR POS, TNS - Membantu Masyarakat Teon Nila Serua (TNS) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) menggelar Sosialisasi Penerapan Ekonomi Berbasis Masyarakat di dalam Pengembangan Ekonomi Baru di Kepulauan TNS.

Pantauan Media ini, Kegiatan yang berlangsung diaula Kantor Kacamata TNS itu melibatkan Badan Pimpinan Wilayah (BPW) Ikatan Keluarga Besar (IKB) TNS Maluku, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkompinca), Kepala Pemerintah Negeri (KPN), Ketua Saniri, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat yang berada di Kecamatan TNS pada, Sabtu (07/09/2024).

GIS And Remote Sensing Koordinator YKAN, Dzimar Akbarur Rokhim Prakoso dikesempatan itu katakan, Sosialisasi ini merupakan Tahap Awal bagaimana Pihak YKAN Berdiskusi bersama Masyarakat untuk mengetahui Kondisi Terkait Pengelolaan diwilayah TNS saat ini.

"Jadi disini kita perlu Berdiskusi untuk Pengumpulan Data untuk perencanaannya nanti," katanya.

Untuk itu, Keterlibatan Masyarakat dari Awal itu perlu dilakukan untuk perencanaannya sehingga, Seminimal mungkin kalau ada Dampak Negatif sehingga bisa dipertimbangkan.

"Kita disini berusaha akan mempertimbangkan semua Aspek dari Biofisiknya kemudian Pemanfaatan dari Masyarakatnya sendiri, Aspek Sosial Budaya dari Masyarakat ini semua akan kita libatkan," ucapnya.

Jadi dengan Harapan Rancangan ini nanti akan mempertimbangkan dari Kondisi Existing yang ada disaat ini di Masyarakat, terutama dalam Hal ini dengan Kawasan yang sudah ada di Kepulauan TNS.

Pihaknya mengusahakan, Rancangan ini yang Sifatnya Konsultatif, yang Artinya Pihak YKAN selalu melakukan Pendekatan yang melibatkan Pemerintah sebagai Mitra dan Khususnya semua Elemen Masyarakat TNS yang ada.

"Dari Pengalaman yang sudah kita lakukan memang memanfaatkan Konservasi Laut itu akan memberikan Manfaat secara langsung bagi Masyarakat, selain itu dapat melindungi Pengelolaan Perikanan dan menjamin Perlindungan Kawasan-kawasan Penting bagi Masyarakat TNS nantinya," pungkasnya. (RPT)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top