RADAR POS, MASOHI -
 Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) menggelar Kampanye Damai menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur - Wakil Gubernur (Wagub) dan Bupati - Wakil Bupati (Wabup) tahun 2024 pada, Selasa (01/10/2024). Bertempat di Jalan Pattimura, Kota Masohi.

Siti Nur Malawat dalam sambutannya, mewakili Ketua Bawaslu, La Amisuri, mengingatkan kepada semua Pasangan Calon (Paslon) dan Tim Sukses (Timsus) untuk mematuhi Ketentuan Kampanye.

"Kami telah Mendeteksi banyak Pelanggaran yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pihak-pihak lain. Namun sampai saat ini belum ada Laporan yang masuk sampai ke Bawaslu," kata Malawat.

Untuk itu, kami berharap kepada semuanya mari Sama-sama kita menjaga Demokrasi ini agar berjalan sesuai dengan Aturan yang berlaku.

"Malawat juga menekankan Pentingnya Koordinasi dalam Pelaksanaan Kampanye, termasuk Pengajuan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) kepada Kepolisian, sebelum Berkampanye," ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Subair memberikan Apresiasi kepada Peserta yang Berkomitmen untuk menjaga Kedamaian serta membahas Potensi Kerawanan.

"Kabupaten Malteng menjadi salah satu Daerah paling Rawan, karena tingginya Jumlah Pemilih. Ini adalah tanggungjawab kita bersama," tegas Subair.

Subair, mengingatkan bahwa Pelanggaran, seperti Politik Uang dan Ketidaknetralan ASN, akan dikenakan Sanksi Tegas. "Kampanye yang Damai hanya bisa Tercipta jika semua Pihak Mentaati Aturan.

"Diharapkan semua Pihak dapat Berkontribusi untuk memastikan Pilkada yang Damai dan Sukses, menjadikan Kabupaten Malteng sebagai Contoh Perhelatan Demokrasi yang Bermartabat," ujar Subair.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Malteng, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si yang diwakili Asisten Setda, Selviana Matemu mengatakan, Pilkada Damai sebagai Momentum Pengingat bagi semua Paslon dan Tim Pendukung.

"Sebagai Pengingat, dalam menyampaikan Program dan Visi - Misi dalam Kampanye, Utamakan dengan Cara-cara Damai, Tanpa Hoaks, Politik Uang dan Menjatuhkan atau Merugikan Lihak lain," pungkasnya.

Turut hadir dalam Deklarasi, Asisten Setda, Selviana Matemu mewakili Pj Bupati Malteng, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si, TNI-Polri, Kandidat Paslon Bupati/Wabup Nomor Urut 03 yaitu, Andi Munaswir dan Tina W. Tetelepta serta Calon Wabup Nomor Urut 1 yaitu, Dani Nirahuwa serta Pimpinan Parpol dan Tim Pendukung.

Diketahui, Kedua Paslon yang lain yaitu, Paslon Nomor Urut 4, Zulkarnain Awat Amir dan Mario Lawalata serta Nomor Urut 02, Ibrahim Ruhunussa dan Liliana Aitonam tidak hadir karena ada Agenda lain. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top